Home >> News >> 10 Tips Makan yang ‘Benar’ Selama Ramadan

10 Tips Makan yang ‘Benar’ Selama Ramadan

Ramadan telah tiba, mempersiapkan diri menjelang bulan suci ini perlu dilakukan. Puasa di bulan Ramadan dapat meningkatkan kesehatan, namun harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Dilansir Emirates247.com, Ahad (5/6), berikut tips sehat selama menjalani Ramadan:

Mulai dengan memakan kurma

Kurma merupakan sumber energi penting dan kaya serat yang akan mengatur pergerakan usus. Kurma juga kaya magnesium dan kalium yang baik untuk tubuh.

Tetap terhidrasi

Tahun ini Ramadan akan berada di puncak musim panas. Anda harus memastikan minum cukup air setelah berbuka puasa, sehingga tak merasa haus atau terkena dehidrasi pada hari berikutnya. Minum delapan gelas air sepanjang malam penting dilakukan.

Hindari haus

Hindari makanan asin seperti makanan kalengan atau olahan, kacang asin dan acar. Sebab makanan-makanan itu dapat Almeningkatkan rasa haus selama puasa. Juga hindari makanan terlalu pedas atau asin. Alihkan dengan lebih banyak mengonsumsi buah serta sayuran yang menyegarkan untuk menghindari haus.

Buka puasa dengan perlahan-lahan

Mulailah dengan kurma, air, lalu sup, semangkuk salad dan baru ke makanan utama. Jika merasa kenyang setelah salad, Anda dapat istirahat sejenak dan melanjutkan makan nanti.

Sebab terlalu banyak makan dapat menyebabkan sakit perut dan kembung. Memulai buka puasa dengan sup dapat menghibur perut yang kosong seharian serta membantu mempersiapkan sistem pencernaan untuk makanan berbuka lainnya.

 

Pastikan makanan Anda mengandung semua kelompok makanan

Makanan berbuka Anda harus mengandung sumber-sumber yang lengkap seperti biji-bijian, protein, sayuran, buah dan minyak sehat.

Buat pilihan makanan sehat

Pilih biji-bijian, daging tanpa lemak, dada ayam, ikan, minyak zaitun secukupnya dan buah-buahan utuh bukan jus buah. Tinggalkan makanan yang digoreng, dan makanan tinggi lemak.

Daging, kacang-kacangan, telur dan produk susu merupakan makanan kaya protein. Pastikan Anda memiliki setidaknya satu dari sumber-sumber ini di setiap makanan Ramadhan. Karena protein sangat penting bagi sel-sel tubuh. Mereka juga dapat meningkatkan tingkat kekenyangan sehingga mengurangi godaan untuk makan makanan manis.
Hindari makanan asin dan manis

Makan makanan manis setelah berbuka puasa akan mengakibatkan kembung dan menyebabkan keterlambatan dalam pencernaan. Hal ini juga bisa menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang menyebabkan Anda lebih banyak menginginkan makanan manis. Itu sebabnya disarankan mengonsumsi makanan manis setelah dua hingga tiga jam berbuka puasa.

Hindari kopi

Jika Anda seorang peminum kopi, coba untuk mengurangi konsumsi kopi Anda dua pekan sebelum Ramadan. Ini dilakukan untuk menghindari sakit kepala dan mengantuk.
Bagi makanan Anda

Memiliki tiga kali makan setiap hari tetap penting selama bulan puasa. Anda bisa melakukannya dengan buka puasa, makan malam ringan dan sahur. Ini akan membantu Anda menghindari ngemil terus menerus sepanjang waktu tidak puasa.

Selain itu membagi hidangan utama menjadi tiga bagian juga penting. Pertama tempatkan seperempat piring berisi karbohidrat kompleks, seperempat lagi dengan daging tanpa lemak atau alternatif daging dan setengah piring lainnya dengan sayuran. Ini akan memastikan Anda memiliki makanan sehat yang seimbang.

Olahraga

Menambahkan olahraga dalam rutinitas Anda selama Ramadan sangat bermanfaat. Ini akan membantu mempertahankan berat badan dan gaya hidup sehat. Cobalah untuk berolahraga satu atau dua jam setelah berbuka puasa. [rol]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...