Berita Islami Masa Kini

4 Fakta Tentang Tidur yang Jarang Diketahui

0

Tidur merupakan kebutuhan dasar seorang manusia untuk mengistirahatkan badan yang sudah lelah. Tidur secara alami memberikan energi baru bagi manusia agar bisa beraktivitas lagi keesokan harinya. Saking pentingnya tidur, banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara tidur yang baik dan mencari tahu fakta-fakta seputar tidur.

Berikut ini akan dipaparkan fakta seputar tidur yang jarang diketahui orang. Apa saja fatanya? Mari kita simak satu per satu.

  1. Alarm Alami dalam Tubuh

Apakah Anda pernah terbangun sebelum alarm berbunyi? Ternyata, tubuh kita memiliki hormon yang disebut adrenocorticotropin yang memiliki fungsi sebagai alarm alami dalam tubuh manusia. Biasanya hormon ini diproduksi dan dilepaskan beberapa jam sebelum Anda terbangun.

Ilmuwan mengatakan bahwa hormon adrenocorticotropin ini berfungsi untuk mengurangi rasa stres akibat bangun tidur. Sebuah penelitian memberikan hasil bahwa hormonadrenocorticotropin ini bisa dikendalikan oleh manusia itu sendiri. Hanya saja tidak semua orang paham akan hal ini.

  1. Phobia Tidur

Beberapa orang mengalami phobia atau ketakutan akan tidur yang disebut dengan Clinophobia atau somniphobia. Orang dengan kelainan ini akan merasa ketakutan untuk tidur karena takut akan terjadi hal-hal yang buruk selama mereka tidur. Mski tergolong langka, phobia jenis ini termasuk bisa dipahami seperti pobhia-pobhia lainnya.

  1. Mendengkur Itu Berbahaya

Mendengkur seringkali dianggap wajar karena sebagian besar orang pernah atau menderita mendengkur. Namun faktanya mendengkur merupakan sinyal ada ketidakberesan dalam tubuh manusia. Mendengkur menjadi salah satu tanda adanya gangguan tidur yang disebut dengansleep apnea, yakni berhentinya napas sejenak ketika tidur.

Seringnya pendengkur memiliki kelebihan berat badan (obesitas) sehingga memicu terjadinya jeda napas terhenti. Nah, berhentinya napas ini mengakibatkan suplai oksigen ke otak menjadi terganggu sehingga membahayakan jantung.

  1. Tidur Siang Menyehatkan

Sebuah studi ilmiah mengungkapkan bahwa tidur siang memberi pengaruh yang baik pada kesehatan. Selain itu, tidur siang dapat meningkatkan kreativitas bagi para pekerja kreatif yang dapat megalirkan ide-ide segar setelah tidur siang. [fimadani]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.