Berita Islami Masa Kini

7 Permainan ‘Jadul’ yang Bisa Senangkan Anak

0

Sebenarnya, keterlibatan teknologi tak selalu perlu dalam kegiatan bermain anak. Berikut daftar kegiatan menyenangkan yang biasa dilakukan anak-anak sejak dahulu dan mungkin bisa Anda tularkan kembali jika kebetulan anak Anda adalah generasi gadget.

Berimajinasi

Anak-anak suka berimajinasi menjadi apapun yang mereka inginkan. Jadi putri, bajak laut, dokter, manusia super, apa saja. Anda bisa menyiapkan bahan-bahan sederhana seperti karton, kardus, cat, dan hiasan lain, agar mereka bisa membuat kostum sendiri dan bersenang-senang. Ini adalah cara yang bagus untuk mengasah kreativitas anak, baik dilakukan sendiri maupun berkelompok.

Berjualan limun
Permainan berjualan limun di halaman rumah (atau menjual hal sederhana lain) bisa mengajarkan anak-anak bagaimana menjadi pengusaha. Secara tidak langsung, ia belajar tentang ketekunan, kesabaran, berhitung, pemasaran, dan bagaimana berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, uang yang diperoleh dapat digunakan untuk mengajarkan mereka nilai uang atau disumbangkan untuk tujuan baik.

Piknik
Biarkan anak-anak Anda berkemah atau pergi piknik. Mereka akan belajar banyak hal di luar ruang, mulai dari persiapan dan menentukan lokasi bersama kawan-kawannya.

Mewarnai
Mewarnai cangkang telur atau melukisi botol bekas adalah kegiatan yang menyenangkan dan disukai anak-anak. Anda juga bisa mengajak mereka membuat pewarna alami sendiri.

Menulis surat
Untuk anak yang lebih besar dan sudah bisa baca-tulis, ajarkan saja seni menulis surat. Menulis adalah hal yang penting, tidak hanya untuk pengembangan pikiran kreatif tetapi juga membantu mengembangkan keterampilan komunikasinya.

Menetaskan ayam

Cara yang bagus untuk mengajarkan anak-anak Anda tentang siklus hidup adalah dengan menetaskan telur anak ayam. Ajari mereka tanggung jawab dengan mengajaknya memelihara anak ayam bersama-sama.

Main permainan lawas

Banyak permainan lawas yang bahkan tak membutuhkan papan dan bidak, apalagi gawai dan elektronik. Di beberapa daerah, permainan ini dapat berbeda, namun lazimnya serupa seperti adu jari, hompimpah, kejar-kejaran, petak umpet, hingga telepon-teleponan, dikutip dari About.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.