Home >> Tren Tech >> Apa itu SEO, Tujuan dan Jenis-jenis Optimasinya?

Apa itu SEO, Tujuan dan Jenis-jenis Optimasinya?

Anda barangkali pernah mendapati istilah SEO saat sedang beraktivitas di dunia maya. Bagi praktisi blogging atau situs, istilah SEO bukanlah hal baru atau asing. Tapi bagi pengguna internet awam, apa itu SEO dan mengapa banyak orang mempelajarinya barangkali jadi pertanyaan yang belum terjawab dengan tuntas.

SEO sebenarnya adalah singkatan dari search engine optimization atau jika diartikan bermakna optimasi mesin pencari. Dengan demikian, maka SEO dapat didefinisikan sebagai upaya atau aktivitas tertentu yang bertujuan untuk mempengaruhi visibilitas atau ranking situs di mesin pencari. SEO biasanya melibatkan berbagai teknik-teknik optimasi kata kunci yang sudah diriset terlebih dahulu. Situs yang teroptimasi dengan baik ditandai dengan tampilnya situs di posisi teratas halaman terdepan mesin pencari – utamanya adalah Google, ketika pengguna mengetikkan kata kunci tertentu.

Contoh Penerapan SEO

Untuk memudahkan Anda memahami apa itu SEO, berikut redaksi berikan contoh penerapan SEO dan mengapa SEO itu diperlukan.

Di situs BazarHarian.com ada banyak sekali produk-produk keren dan bermanfaat.  Anda bisa melihat produknya di sini.  Adapun kata kunci yang dioptimasikan adalah “BazarHarian” dan beberapa kata kunci turunannya. Dengan melakukan optimasi SEO kata kunci tersebut, ketika Anda atau siapapun mengetikkan kata kunci “BazarHarian” di mesin pencari Google, maka hasilnya akan muncul di halaman pertama. Seperti ini.

Nah, untuk bisa muncul di halaman pertama seperti contoh tadi, dibutuhkan yang namanya optimasi SEO.

Apa Tujuan dan Manfaat SEO?

Sekarang, pertanyaan berikutnya apa sih tujuan dan manfaatnya untuk situs? Jika kita tarik dari definisi apa itu SEO dan ilustrasi di atas, maka dapat kita tarik beberapa poin tujuan dan manfaat menerapkan SEO.

  • Tujuan paling mendasar dari SEO tentu adalah memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari.
  • Tujuan lainnya, mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung. Jika dibuatkan alurnya, ketika tujuan pertama di atas tercapai, maka secara otomatis situs akan mendapatkan yang namanya traffic
  • Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Maksudnya, pengunjung yang diperoleh benar-benar merupakan pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan.
  • Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang dibutuhkan, logikanya akan rela berdiam lebih lama di situs demi memuaskan rasa ingin tahunya.
  • Meningkatkan konversi, jika Anda adalah seorang penjual, maka SEO dapat mendatangkan konversi yang lebih baik.
  • Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentu saja brand awareness. Artinya, orang akan lebih mudah ingat dengan situs Anda.

Apa Saja Jenis-jenis Optimasi SEO?

Setelah membahas soal pengertian kemudian tujuan dan manfaat, tiba waktunya kita masuk ke materi yang agak berat. Yaitu jenis-jenis optimasi SEO. Secara umum ada dua jenis optimasi, yang pertama SEO On Page dan yang kedua SEO Off Page.

SEO On Page

SEO On Page adalah rangkaian upaya optimasi yang dilakukan di situs Anda sendiri agar halaman-halaman yang ada memenuhi kriteria SEO yang baik. Optimasi jenis ini termasuk optimasi yang paling mudah dilakukan dan bahkan sudah jadi ritual rutin bagi para blogger.

Teknik SEO On Page dapat dilakukan dengan cara menyisipkan kata kunci yang relevan di beberapa bagian situs Anda. Misalnya:

  • Judul situs atau judul artikel
  • Deskripsi atau Meta Deskripsi di halaman utama dan juga artikel
  • Isi situs atau artikel
  • Kategori
  • Permalink atau URL
  • Heading
  • Image dan image ALT

SEO Off Page

SEO Off page juga sama, ia juga merupakan rangkaian proses optimasi, tetapi dilakukan di luar dari situs Anda namun merupakan bagian dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ranking situs Anda. Dalam hal ini kita akan lebih banyak membicarakan soal backlink atau tautan balik.

Teknik ini dilakukan dengan cara membangun backlink dari situs tertentu yang menuju ke situs Anda. Gunanya apa? Gunanya untuk meningkatkan popularitas situs yang juga akan menjadi salah satu indikator menentukan posisi di mesin pencari.

Setiap saat metode SEO Off Page berkembang dan mengalami perubahan, beberapa praktisi bahkan menganggap backlink sudah tidak penting lagi. Namun saya pribadi berpendapat, backlinktetaplah penting dan menentukan selama diterapkan dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa jenis backlink yang direkomendasikan oleh praktisi SEO.

  • Jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain
  • Web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, Tumblr, dan sebagainya)
  • Forum signature (kaskus, forum detik, forum kompas)
  • Social bookmark
  • Komentar blog dengan cara mengunjungi blog sejenis dan meninggalkan komentar serta tautan.
  • Guest post

Hanya saja tentu mencari backlink tidak boleh sembarangan, ada beberapa kriteria backlink yang dibenci oleh Google. Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu SEO, tujuan dan juga jenis-jenis optimasinya. Masih ada banyak hal yang diperlukan untuk mempelajari SEO, di lain waktu kita akan kembali bahas.[ds/admin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Perangkat Mini Ubah Kesenjangan Digital di Asia Tenggara

Pertumbuhan penetrasi digital mulai mengubah kehidupan masyarakat di negara berkembang. Salah satu ...