Home >> Nasional >> Apartemen Wajib Sediakan Masjid

Apartemen Wajib Sediakan Masjid

Sekretaris Jendral (Sekjen) Jamiyatul al-Washliyah, Masyhuril Kamis mengatakan Masjid merupakan salah satu fasilitas umum yang wajib disediakan oleh pengelola apartemen. Ini sangat penting mengingat Masjid tak hanya menjadi tempat ibadah, namun pusat berbagai kegiatan umat Islam.

“Kalau itu tidak disiapkan, orang tidak bisa melakukan ibadah bersama. Bisa jadi org tidak mau beribadah, karena tidak ada fasilitas untuk itu,” kata Masyhuril kepada rol, kemarin.

Sayangnya, kebutuhan ini seringkali diabaikan oleh para pengembang. Mereka umumnya menyediakan fasilitas tambahan yang bersifat fisik dan eksklusif, seperti lapangan badminton, lapangan tenis, club, kafe, dan sebagainya. Padahal, para penghuni apartemen umumnya lebih membutuhkan penguatan dari sisi uhrawi.

Penyediaan rumah ibadah juga masih dianggap sebagai beban tambahan yang justru merugikan. Untuk menyediakan Masjid, pengembang perlu menyediakan lahan khusus yang dapat mereka sewakan dan menghasilkan pendapatan lebih.

Padahal, adanya Masjid justru dapat menjadi nilai tambah bagi apartemen yang dapat mengundang lebih banyak pelanggan. Masjid juga berfungsi sebagai kontrol sosial, sehingga dapat meminimalisasi berbagai masalah seperti peredaran narkoba dan prostitusi yang selama ini kerap ditemui dalam lingkungan apartemen.

Menurut Masyhuril, banyaknya pelanggaraan dalam penyediaan fasilitas ibadah menunjukkan longgarnya pengawasan dalam pemberian izin mendirikan apartemen. Ini juga menunjukkan kurangnya kepekaan dan kepedulian terhadap kebutuhan spiritual para penghuninya. Oleh karena itu, petugas pemberi izin pendirian apartemen perlu dipilih dari individu yang mempunyai perhatian lebih terhadap kebutuhan ini.

Fasilitas ibadah yang ideal, menurut Masyhuril, tak harus berbentuk masjid yang besar. Paling tidak, ada keseimbangan antara jumlah penghuni apartemen dan luas tempat ibadah yang ada. Masjid yang disediakan seyogyanya dapat menampung semua jamaah. [rol]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...