Home >> News >> Aplikasi di Google Play Store Lebih Banyak Diunduh, tetapi Pendapatan iOS App Store Lebih Tinggi

Aplikasi di Google Play Store Lebih Banyak Diunduh, tetapi Pendapatan iOS App Store Lebih Tinggi

Perusahaan intelijen bisnis, App Annie, hari ini mengumumkan laporan tahunan mengenai industri dan pasar aplikasi mobile di seluruh dunia selama tahun 2015. Google Play Store dan iOS App Store dari Apple merupakan dua toko aplikasi mobile yang menjadi topik utama dalam laporan bertajuk “App Annie 2015 Retrospective” tersebut.


Dari segi jumlah unduhan, Google Play Store memiliki jumlah yang jauh lebih tinggi dibandingkan iOS App Store. Dari data App Annie dari tahun 2013 sampai 2015, terungkap bahwa Google Play Store mengalami pertumbuhan 100 persen lebih tinggi dibandingkan iOS App Store. Peningkatan tersebut sebagian besar berasal dari negara-negara berkembang. Indonesia termasuk ke dalam lima negara yang menjadi penyumbang jumlah unduhan aplikasi di Google Play Store. Negara lainnya adalah Brazil, Turki, India, dan Meksiko. Lima negara tersebut bahkan berkontribusi setengah dari total jumlah unduhan di Google Play Store dari tahun ke tahun. Sedangkan untuk iOS App Store, kontribusi unduhan sebagian besar berasal dari negara maju seperti Cina, AS, dan Jepang. Ketiga negara tersebut menyumbang 90 persen dari total unduhan di toko aplikasi milik Apple tersebut.

Bagaimana pun, kedua toko aplikasi itu tetap mengalami pertumbuhan jumlah unduhan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan tersebut sebagian besar berasal dari negara-negara berkembang seperti Indonesia dan Vietnam. Kedua negara ini mengalami pertumbuhan angka unduhan, masing-masing sebesar 50 persen, dari tahun 2014 ke 2015. Di Indonesia, konten aplikasi mobile merupakan hal yang paling banyak diunduh. Sedangkan di Vietnam, konten game dan aplikasi mobile menjadi incaran utama bagi pengguna mobile di negara tersebut.

Beralih ke revenue, berbanding terbalik dengan data sebelumnya. Kali ini iOS App Store memperoleh pendapatan yang jauh lebih tinggi daripada Google Play Store. Berdasarkan laporan App Annie, dari tahun 2013 ke 2015, revenue iOS App Store merangkak sampai indeks ke-200. Seperti telah ditulis di atas, hal ini bisa terjadi karena sebagian besar unduhan aplikasi iOS berasal dari negara-negara maju Sedangkan untuk Google Play Store sampai tahun 2015, masih berada di index ke-110. Alasannya juga telah dijelaskan, karena sebagian besar pengguna Android berasal dari negara-negara berkembang.[tia] Kamu bisa melihat data lain seputar industri dan pasar aplikasi mobile dari App Annie di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...