Home >> News >> Berbuka dengan Budget Hemat? Begini Caranya

Berbuka dengan Budget Hemat? Begini Caranya

Tak sedikit orang yang menginginkan buka puasa dengan menu yang enak-enak. Mulai dari takjil, menu utama, sampai menu penutup. Semua terhidang di meja. Ada kolak, es buah, es teh manis, nasi, lauk-pauk, sayuran, buah dan lainnya. Tak heran jika saat bulan puasa dana yang keluar membengkak.

Tapi jangan khawatir. Ada cara membuat masakah berbuka yang nikmat dengan bujet hemat. Chef Nurofik dari Modena menjelaskan untuk menu berbuka yang hemat, pilih bahan makanan yang murah. Pilih bahan yang mudah didapat dan banyak di pasaran.

Misalnya daging ayam. Dari daging ayam ini saja bisa dibuat berbagai macam olahan. “Misalnya ayam lada hitam, ayam goreng saus mentega, chicken wing dan lainnya. Atau jika gunakan udang bisa membuat udang mayones. Bisa ditambahkan sayuran yang direbus sebentar misalnya jamur, wortel, brokoli, kembang kol dan lainnya,” ujarnya kepada Republika.co.id dalam acara FUNancial Clinic dan Cooking Classes di Modena Experience Center, di Jakarta, belum lama ini.

Ia juga menyarankan agar memilih bahan lokal untuk menghemat biaya. Selain itu, bisa manfaatkan bahan masakan yang tak terpakai. Misalnya kulit udang yang bisa dijadikan kaldu. Selain kulit udang, kaldu juga bisa dibuat dari tulang ikan dan kepalanya juga bisa dijadikan kaldu.

Misalnya ikan kakap. Dia menyarankan kepala ikan dan tulangnya jangan dibuang. Karena bisa dibuat menjadi kaldu. Caranya mudah, tinggal rebus, tambahkan daun bawang, bawang bombai dan bawang. Kemudian simpan di kulkas. “Kalau disimpan di kulkas bisa tahan dua bulan, chiller satu dua minggu,” ujar pemilik salah satu cafe di Jakarta Timur ini. [rol]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...