Home >> Nasional >> Cantiknya Festival Lebaran di Gorontalo dengan Lampu Minyak

Cantiknya Festival Lebaran di Gorontalo dengan Lampu Minyak

Gorontalo – Mau tahu salah satu waktu terbaik mengunjungi Kota Gorontalo? Datanglah menjelang Idul Fitri, Anda akan disuguhi jalanan yang ‘bercahaya’ oleh ribuan lampu minyak. Inilah tradisi Tumbilotohe, yang ada sejak abad ke-15.

Kota Gorontalo, di Provinsi Gorontalo sebelah utara Sulawesi, punya tradisi unik yang berlangsung 3 hari menjelang Lebaran. Namanya Tumbilotohe, yang sudah ada sejak abad ke-15. Kata ‘tumbilo’ berarti pasang, dan ‘tohe’ berarti lampu.

Pada malam hari, jalanan di Kota Gorontalo akan dipenuhi cahaya lampu minyak. Tradisi ini berlangsung sejak maghrib sampai subuh. Lampu-lampu minyak dibentuk sedemikian rupa, dari bunga sampai gapura. Momen menjelang Lebaran benar-benar terasa!

Tumbilotohe bermaksud sebagai penanda datangnya Idul Fitri. Oleh sebab itu, jiwa dan hati yang kembali bersih harus bersih serta terang benderang seperti makna pemasangan lampu tersebut.

Tradisi Tumbilotohe pun makin berkembang. Kini di tanah luas atau lapangan, masyarakat membentuk lentera atau kaligrafi Al Quran dari lampu-lampu minyak. Suasana datangnya Lebaran makin terasa meriah dan masyarakat larut dalam suka cita.

Di tahun 2007, tradisi Tumbilotohe menorehkan sejarah pada Museum Rekor Indonesia (MURI). Saat itu, masyarakat Gorontalo berhasil menyalakan lima juta lampu minyak!

Wisatawan yang datang ke Gorontalo bisa ikut langsung dalam perayaan Tumbilotohe. Selain terkesima oleh cahaya-cahaya lampu yang banyak, ada festival bedug yang membuat suasana makin meriah. [detik]

goro1 goro2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...