Home >> News >> Cara Mengatasi Bau Mulut Selama Berpuasa

Cara Mengatasi Bau Mulut Selama Berpuasa

Bau mulut sering jadi ‘ancaman’ bagi umat Islam yang menjalankan puasa. Mulut beraroma kurang sedap acapkali membuat orang menurunkan intensitas bicaranya lantaran takut ketahuan kalau mulutnya bau.

Apalagi ada anggapan kalau orang berpuasa pastinya bau mulut. Berikut ini langkah-langkah mengatasi bau mulut seperti yang dikatakan oleh Drg. Nurmeisari, SpKG.

“Harus sikat gigi dua kali sehari ketika sahur dan berbuka, pastikan bersih di sisi langit-langit mulut dan juga lidah,” ujarnya.

Selain itu, menyikat gigi di bagian yang sulit dijangkau dapat menggunakan benang gigi (dental floss). Khusus untuk lidah, sebaiknya menggunakan pembersih khusus atau cukup dengan menyikat lembut.

“Bagian pangkal lidah merupakan tempat bersarangnya bakteri penyebab bau mulut. Sehingga harus dipastikan tempat tersebut tidak terlewatkan untuk dibersihkan.

Penggunaan mouthwash juga bisa digunakan tapi jangan terlalu sering karena bisa membunuh bakteri berguna dalam mulut. Selain itu kalau pun ingin menggunakannya maka pilihlah jenis yang non alkohol,” katanya menjelaskan lebih lanjut. [ROL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...