Berita Islami Masa Kini

“Dari Apa yang Tidak Mereka Ketahui”, Apa Maksudnya?

0

TERKADANG dalam ayat-ayat Al-Quran terdapat hal-hal yang memang tidak kita mengerti mengenai isi kandungan maknanya. Tak jarang hal tersebut menimbulkan perpecahan di kalangan orang-orang awam pada khususnya. Maka perlu adanya pengkajian ulang agar dapat lebih mudah dimengerti. Salah satu ayat al-Quran yang membuat bingung terdapat dalam surat yasin ayat 36.

“Mahasuci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.”

Apakah arti “dari apa yang tidak mereka ketahui?”

Adanya pasangan-pasangan pada seluruh makhluk dapat kita lihat dari diri, hewan, tanaman, dan apa yang sampai sekarang sudah kita ketahui karena penemuan akal manusia.

Kalau tidak difirmankan “dari apa yang tidak mereka ketahui”, tentu akal dan ilmu pengetahuan manusia akan terhenti sebatas yang diketahui saja. Saat ini, manusia menyadari bahwa di samping hal-hal yang diketahuinya, ada pula masalah lain yang tidak diketahuinya.

Segala upaya yang timbul dari akal manusia pasti membenarkan ayat ini karena ini merupakan salah satu bukti bahwa Al-Quran mengandung ilmu pengetahuan.

Ayat ini dimulai dengan “Subhana (Mahasuci Allah)”, seperti juga terhadap persoalan atau kejadian besar yang bertujuan untuk menggugah dan meningkatkan keimanan dan ilmu pengetahuan seperti,

1. Kejadian Isra’ Mi’taj.

2. Jawaban terhadap tuduhan kaum kafir bahwa Allah mempunyai anak lelaki dan anak-anak perempuan yaitu para malaikat.

3. Kekuasaan Allah yang mutlak atas langit , bumi dan segala isinya.

4. Bantahan terhadap tuduhan kaum musyrik tentang sifat-sifat Allah SWT yang negatif. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.