Berita Islami Masa Kini

Festival Seni Budaya Indonesia Siap Digelar di Eropa

0

Benua Eropa siap menggelar festival seni dan budaya Indonesia selama empat bulan. Festival yang direncanakan akan digelar 75 kota ini dilaksanakan sejak Oktober 2017 hingga Januari 2018.

“Ini akan dilaksanakan di berbagai negara di Eropa,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan saat penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Chairman Europalia International, Count Jacobs De Hagen melalui siaran pers, Jakarta, Selasa (11/7).

Anies menjelaskan, festival Europalia ini merupakan salah satu acara terbesar dua tahunan di Eropa. Festival ini, kata dia, bersifat mendedikasikan seni budaya satu negara setiap acaranya.

Menurutnya, kegiatan ini telah diselenggarakan sejak 1969. Sampai pada 2015 ini, menurut Anies, Europalia International ini telah mengadakan 25 festival.

Pada awalnya, Menteri Anies menerangkan, anggota negara Uni Eropa (UE) merupakan para tamu di Festival Europalia. Namun pada perkembangannya, dia melanjutkan, negara di luar UE juga telah ditetapkan sebagai mitra penting. Mereka, tambah dia, menjadi tamu negara di festival itu.

Anies mengungkapkan, Jepang merupakan tamu pertama dari luar Uni Eropa dalam festival yang diadakan pada 1989. Kemudian, kata dia, terdapat pula Meksiko yang menjadi tamu pada 2003. Selanjutnya, dia menambahkan, Rusia (2005), Cina (2009), Brazil (2011) dan India (2013).

“Dan tahun 2015 ini giliran negara Turki,” jelas Anies. [rol]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.