Berita Islami Masa Kini

Hati-Hati, 5 Perlengkapan Bayi Ini Bisa Berbahaya

0

Bagi Anda para orang tua yang baru memiliki anak, jangan begitu saja membeli semua benda yang dipajang di etalase perlengkapan bayi. Nyatanya, beberapa barang itu justru bisa berbahaya bagi buah hati Anda. Tidak percaya? Simak ulasannya berikut seperti dilansir Safebee.

 

1. Bantalan Boks Bayi

Bantalan ekstra untuk diletakkan di sisi boks mungkin terkesan perlu untuk mencegah kaki si kecil tersangkut. Namun, waspadai penggunaannya karena barang itu (serta selimut, bantal, dan boneka mainannya) berpotensi berbahaya bagi bayi.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), barang-barang itu tak dianjurkan bagi bayi di bawah usia satu tahun. Karena bisa membuat bayi Anda mati lemas jika tak sengaja menutupi wajahnya. Jaga bayi Anda tetap hangat dan aman dengan memakaikannya baju tradisional gurita, pakaian one-piece, atau bedong saat tidur.

 

2. Sleep Positioner

Perlengkapan bayi berbentuk tikar datar dengan guling di sisi-sisinya ini dirancang untuk menjaga posisi tidur bayi. Pembuatnya menyebutkan, penggunaan produk ini mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), mencegah kolik, memperbaiki pencernaan, dan mengurangi meludah.

Sayangnya, tak ada penelitian pasti untuk mendukung klaim ini dan tidak ada bukti bahwa produk tersebut melindungi bayi dari deformitas posisi tidur. Baik AAP dan Food and Drug Administration menyarankan orang tua untuk tidak menggunakannya karena meningkatkan risiko mati lemas dan terlalu membatasi gerakannya saat tidur.

 

3. Tudung Boks

Tudung atau kelambu boks biasanya digunakan agar bayi atau balita Anda tak memanjat keluar saat terbangun dari tidur atau bermain. Padahal, ini berbahaya. Karena dapat dengan mudah menjadi perangkap kematian. Menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC), bagian-bagian seperti ritsleting, jahitan, dan klip pada tenda itu juga bisa melukai anak yang aktif.

 

4. Baby Walker

Alih-alih membantu bayi lebih cepat melangkah, walker justru menunda ia melakukan langkah-langkah mandirinya. Walker juga menyimpan bahaya keamanan serius karena memungkinkan akses bayi untuk hal-hal yang berbahaya seperti radiator, pemanas ruang, pegangan panci dan bahkan taplak meja.

 

5. Doorway jumper

Produk bayi yang memiliki tali pengaman dan memungkinkan bayi berjalan ini ternyata berbahaya. Sebab, ia membuat bayi tak mengontrol keseimbangan yang diperlukan untuk berjalan dan menghasilkan gerakan yang tidak terkendali.[rol]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.