Home >> Internasional >> Ikhtiar Hafidzh Cilik dari Dataran Andalusia

Ikhtiar Hafidzh Cilik dari Dataran Andalusia

Granada – Hampir delapan abad lamanya, Islam berjaya di dataran Andalusia. Barulah di abad ke-16, Kerajaan Granada runtuh.

Tapi ternyata, umat muslim itu tetap ada. Tidak banyak memang, tapi mereka yang terus memeluk agama Islam, tak hanya berasal dari imigran Maroko, Suriah, atau negara Timur Tengah lainnya. Warga asli Spanyol pun ternyata banyak yang memeluk agama Islam.

Sedikitnya umat muslim di Kota Granada, membuat mereka saling menjaga. Terutama menjaga Mesjid Granada, kebanggaan mereka.

Figur muslim Spanyol seperti Yassin, menjadi contoh yang baik dalam komunitas Islam Granada. Lelaki muda ini terus menjadi pembimbing anak-anak di komunitas muslim Granada. Mencoba mengajarkan generasi muda, Islam yang benar.

Yassin (Andriansyah-Trans7)

Belajar Alquran pun sudah menjadi keseharian anak-anak di Masjid Granada. Contohnya saja Sulaiman Casteneira, dan ketiga sahabatnya. Mereka sudah belajar menghafal Alquran di usia 10 tahun.

Sulaiman lahir dari seorang ayah bernama Bashir Casteineira, yang juga imam masjid Granada, dan seorang hafiz Alquran. Dari sang ayah jugalah, Sulaiman terus bisa menumbuhkan semangat, menjadi hafiz di masa depan.

(Andriansyah – Trans7)

Berusaha terus menghidupkan Islam dalam kehidupan mereka. Meski minoritas, namun Sulaiman dan komunitas Islam di Granada, yakin mereka bisa terus mengembangkan Islam di dataran Andalusia.

Hal yang sama juga terjadi pada komunitas muslim di kota kecil Lucena, 45 menit jaraknya dari Cordoba. Sebagian besar penduduk muslimnya, berasal dari negara Timur Tengah seperti Suriah, Pakistan dan Maroko.

Sana Alsaad salah satunya. Gadis kecil berusia sebelas tahun ini, berasal dari Suriah. Hijrah ke Spanyol demi menjauh dari perang.

(Andriansyah/Trans7)

Namun di hati kecilnya terus berdoa akan kedamaian di bumi Suriah. Doa yang sering ia ungkapkan dalam lukisan indah. Goresan tangan yang sudah menjadi hobi sana sejak kecil. Doa yang juga terukir dihati, kala ia menghafalkan ayat suci Alquran…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...