Berita Islami Masa Kini

Ini Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Berhenti Merokok

0

Sebagian besar orang yang berhenti merokok akan mengalami penambahan berat badan. Penambahan berat badan ini sering kali terjadi di tahun ketika seseorang memutuskan berhenti merokok.

Menurut konsultan ahli diet sekaligus peneliti dari University of Birmingham, penambahan berat badan pada seseorang yang berhenti merokok akan terjadi dengan rata-rata sebanyak lima kilogram. Ada beberapa alasan di balik bertambahnya berat badan saat orang berhenti merokok.

Salah satunya, kegiatan merokok sejatinya membuat proses metabolisme menjadi lebih cepat sehingga tubuh dapat membakar kalori dengan cepat. Ketika berhenti merokok, metabolisme tubuh akan kembali normal dan secara otomatis tubuh membutuhkan kalori yang lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, merokok juga dapat menahan nafsu makan. Karena itu, penambahan berat badan dapat terjadi setelah seseorang berhenti merokok karena nafsu makannya kembali besar. Terlebih, rasa makanan akan menjadi lebih terasa lezat ketika seseorang berhenti merokok. Tak jarang, keinginan untuk makan makanan manis pun timbul ketika seseorang berhenti merokok.

Seseorang yang kecanduan nikotin saat berhenti merokok juga kerap salah persepsi dan menganggap keinginan untuk mengkonsumsi nikotin sebagai rasa lapar. Oleh karena itu, untuk menghilangkan rasa ingin mengonsumsi nikotin seseorang akan memilih makan. Jika dilakukan berlebih, berat badan pun akan bertambah.[rol]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.