Home >> Senggang >> Ini Tips Dokter Oenedo Agar Terhindar Virus Zika

Ini Tips Dokter Oenedo Agar Terhindar Virus Zika

Kepala Kantor Kesehatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Oenedo Gumarang memberikan tips agar terhindar dari virus zika. “Virus Zika hanya bisa menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Sehingga bisa dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk.  Misalnya dengan menggunakan lotion anti nyamuk pada kulit,” ujarnya kepada rol di Kantor Kesehatan Bandara Soetta, Tangerang.

Selain itu Oenedo juga menyarankan agar memberantas sarang nyamuk secara berkala. Bisa dengan menggunakan obat semprot pembasmi nyamuk atau melakukan abatisasi pada jentik-jentik nyamuk.

Kemudian, dia melanjutkan, masyarakat juga diharapkan agar selalu menerapkan 3M. Yaitu menguras dan menutup tempat penampungan air, dan juga mendaur ulang sampah. Melakukan pengawasan terhadap perkembangbiakan jentik nyamuk juga perlu dilakukan. Dan juga, selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Terutama kepada ibu hamil, harus lebih dijaga. Pakailah pakaian yang panjang dan tidak berwarna hitam. Karena nyamuk menyukai warna hitam. Selain itu hindari memakai parfum dan deodorant karena nyamuk menyukai wangi-wangian,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

7 Permainan ‘Jadul’ yang Bisa Senangkan Anak

Sebenarnya, keterlibatan teknologi tak selalu perlu dalam kegiatan bermain anak. Berikut daftar ...