Home >> Nasional >> Jalur Alternatif Cirebon Masih Rusak

Jalur Alternatif Cirebon Masih Rusak

CIREBON — Memasuki Ramadhan, sejumlah jalur alternatif di wilayah Kabupaten Cirebon masih rusak. Dari pantauan ROL, kondisi jalan yang rusak terlihat di jalur Gebang-Babakan-Pabuaran, jalur Sindanglaut-Pabuaran, jalur Pabuaran-Ciledug, dan jalur Sindanglaut-Ciawigajah.

Di sejumlah titik di jalur-jalur tersebut, kondisi aspal jalan sudah mengelupas. Selain itu, kondisi jalan pun berlubang-lubang dengan diameter dan kedalaman bervariasi antara 30 – 50 cm.

Kabid Peningkatan Jalan Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon, Gatot Rachmanto, menerangkan, untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut, pihaknya sudah mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) untuk 27 paket kegiatan. Yakni berupa kegiatan peningkatan jalur alternatif yang selama ini dilalui pemudik.

”SPK untuk 27 paket kegiatan itu dikeluarkan sejak awal Juni 2015,” kata Gatot.

Gatot menyebutkan, di Kabupaten Cirebon, sedikitnya ada 13 jalur alternatif yang ditetapkan sebagai jalur mudik. Di antaranya, Ciwaringin-Jenun, Beringin-Kedondong, Bunder-Susukan, Arjawinangun-Suranenggala, Tegalsari-Lemahtamba, Plumbon-Kenanga, Ciperna-Warungasem, Kancing-Sindanglaut, Sindanglaut-Pabuaran, Pabuaran-Jatiseeng, Playangan-Bojonegoro, Sindanglaut-Ciawigajah dan Palimanan-Kramat.

”Dari 13 jalur tersebut, tujuh jalur yang rusak berat,” katanya,” tutur Gatot.

Gatot menyatakan, sudah memperingatkan kepada pelaksana proyek agar seluruh kegiatan perbaikan jalan itu selesai sebelum H-10 lebaran.

Terpisah, Kasatlantas Polres Cirebon, AKP Erwinsyah, mengatakan, jika terjadi kepadatan kendaraan di jalan tol Cipali saat arus mudik, maka kendaraan pribadi akan dialihkan ke jalur pantura atau jalur alternatif. Dengan demikian, kondisi jalur pantura dan alternatif harus dalam kondisi yang baik. [ROL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...