Berita Islami Masa Kini

Jomblo Bertambah, Saudi Tentukan Batas Mahar Wanita 50.000 Riyal

0

Pemerintah Arab Saudi memberikan batasan maksimal mahar pernikahan sebesar 50.000 Riyal (Rp.190 juta) untuk wanita lajang dan sebesar 30.000 riyal (Rp. 115 juta).

Sebagaimana dikutip laman Arabnews, Rabu (19/08/2015), ketentuan ini disampaikan Dr. Khalid Faishol, PenasehatKhadimul Haramain dan Gubernur Makkah usai mengnadakan pertemuan dengan para Syuyukh Qabilah (kabilah tertua) guna membahas masalah ini, sehingga keluarlah peraturan pembatasan mahar yang tidak boleh melebih 50.000 Riyal (SAR) atau senilai Rp. 190 juta bagi perawan dan 30.000 Riyal (SAR) atau senilai Rp.115 juta bagi janda.

Sebuah pesan dari kantor gubernuran wilayah Makkah mengatakan, tentang tingginya mahar pernikahan selama ini telah memberi kontribusi pada peningkatan jumlah perawan tua. Kasus ini menjadikan gubernur Makkah harus mengadakan pertemuan dengan tetua suku guna membahasnya.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Islam, Ali Al-Zahrani, mengungkapkan jumlah perawan tua di Arab Saudi pada tahun ini sekitar 4 juta meningkat 1,5 juta dari tahun 2010. Artinya sekitar 1369 jomblo bertambah dalam setiap harinya.

Ahmed Al-Sinani yang juga dikenal sebagai pakar masalah sosial, mentakan, penyebab tingginya angka ini dikarenakan beberapa penyebab utama, termasuk tingginya mas kawin (mahar), beberapa orangtua menikahkan anak perempuan dengan motivasi uang, tingkat pengangguran yang tinggi di kalangan pemuda dalam beberapa tahun terakhir, adanya krisis perumahan serta tidak adanya peran lembaga sosial dan amal.

Al-Sinani juga mengatakan, sewa gedung pernikahan yang mahal juga menjadi salah satu alasan di balik meningkatnya jumlah perawan tua di kita tersebut.

Al-Sinani meminta pengusaha dan badan amal untuk memikul tanggung jawab sosial mereka dengan membangun gedung penyewaan pernikahan untuk pasangan muda.

Majid Al-Matrafi, seorang pakar lain, menekankan perlunya inisiatif oleh gubernur daerah memfasilitasi pernikahan bagi kalangan muda.[hidcom]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.