Home >> Nasional >> Kemenag Kirim 100 Hafidz untuk Belajar di Turki

Kemenag Kirim 100 Hafidz untuk Belajar di Turki

Sebanyak 100 hafidz dikirim ke Turki oleh Kementerian Agama (Kemenag). Pengiriman itu terkait Program Beasiswa Tahfidz Alquran Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama yang bekerja sama dengan Pusat Kebudayaan Islam Indonesia Turki atau United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI).

“Para santri telah menunjukkan usaha kerasnya untuk belajar selama satu tahun bahkan ada yang menyelesaikan selama lima bulan. Untuk itu, Kementerian Agama akan memberangkatkan kalian semua ke Republik Turki dalam program beasiswa,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Kamis (8/6/2015) lansir Republika.

Pengiriman 100 hafidz tersebut berhubungan dengan program Kementerian Agama RI untuk mencetak 10.000 orang penghafal Alquran dan 5.000 orang doktor perguruan tinggi Islam dalam lima tahun. “Saya apresiasi tinggi prakarsa Kemenag RI dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Indonesia-Turki sehingga memberikan kesempatan anak-anak terbaik bangsa mendalami kajian keislaman,” lanjutnya.

Kerjasama antara Kementerian Agama RI dengan UICCI sudah berjalan sebanyak delapan kali sejak 2010. Lukman juga mengharapkan agar makin banyak hafidz yang dikirim dari seluruh wilayah Indonesia.

“Tradisi menghafal Alquran telah lama ada di pesantren Indonesia namum perlu pengembangan berkelanjutan agar kegiatan membaca dan menghafal Alquran menjangkau daerah terpencil dan daerah konflik,” imbuh Lukman.

Saatpelepasan tersebut, Menag juga sempat menguji hafalan mereka dengan melantunkan suatu ayat dan kemudian dilanjutkan oleh hafidz.

“Belum dipastikan ayat yang mana, surat yang mana, tapi mereka bisa menjawabnya dengan baik karena sudah hafal,” jelas Direktur UICCI Hakan Soydemir.

Menurut Hakan Soydemir minat orang Indonesia untuk mengikuti program beasiswa tersebut meningkat. Sebab nantinya para lulusannya akan ditempatkan di pesantren di sejumlah negara, seperti Indonesia, Filipina, Jepang, Australia, Singapura, Malaysia, dan Rusia.

[fimadani]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...