Berita Islami Masa Kini

Ketahui 6 Bahaya Tersembunyi Ponsel

0

Apakah Anda termasuk orang yang tak bisa lepas dari telepon seluler alias ponsel? Setelah membaca enam bahaya tersembunyi dari ponsel ini, semoga Anda dapat membatasi penggunaannya.

Menyebabkan kecelakaan berkendara
Pengumpulan data yang dilakukan Analisis Risiko Harvard Center menunjukkan lebih dari 2.600 kecelakaan terjadi akibat menggunakan ponsel saat berkendara. Menelepon dan mengangkat telepon sangat tidak dianjurkan, apalagi mengirim pesan atau ber-SMS.

Ketika seseorang menulis SMS, mata akan beralih dari jalanan sekira 4,6 detik. Itu adalah waktu yang cukup bagi sebuah mobil untuk melintasi lapangan bola. Berhentikan kendaraan Anda sejenak saat menerima panggilan telepon atau mengirim pesan singkat.

Menyebabkan kecelakaan pejalan kaki dan pesepeda

Studi yang dilakukan Ohio State University menunjukkan bahwa berjalan kaki sambil sibuk berponsel bisa berujung pada kecelakaan. Studi yang dilakukan dari tahun 2005-2010 itu memperlihatkan banyaknya kasus dari 100 IGD di seluruh Amerika.

Menelepon dan ber-SMS saat bersepeda tak kalah bahaya. Banyaknya kasus kecelakaan telah membuat Dewan Kota New York menambahkan larangan umum “dilarang mengirim pesan atau menelepon saat bersepeda” sejak 2014.

Mengganggu pengasuhan anak
Fokus para orang tua pada ponsel kala menemani anak bermain telah menyebabkan 10 persen dari total kecelakaan anak antara 2005-2012. Pakar dari Universitas Yale mendokumentasikan adanya risiko kecelakaan anak di bawah usia 5 tahun di lokasi umum yang menyediakan layanan gratis servis data berkecepatan tinggi.

Anak-anak memang harus dibebaskan saat bermain, tapi tetap awasi mereka di taman, wahana bermain, atau kolam renang.

Kuman dan bakteri berbahaya
Peneliti dari Universitas Oregon menemukan Streptococcus, Staphylococcus, E. Coli dan 7.000 jenis bakteri lain pada tangan 17 pengguna ponsel yang diteliti. Bakteri itu juga terdeteksi pada 82 persen dari keseluruhan ponsel yang diteliti pada studi tahun 2014. Studi tahun 2011 yang dilakukan London School of Hygiene & Tropical Medicine mengungkap, satu dari enam ponsel menyimpan bakteri mikroskopis berbahaya.

Pastikan tangan Anda bersih saat memegang ponsel dan hindari menggunakan ponsel saat berada di toilet.

Insomnia
Seperti tablet dan komputer, ponsel juga menancarkan sinar biru yang diduga mampu mengubah jam alami tubuh Anda. Cahaya itu menghambat hormon melatonin yang merangsang Anda mengantuk. Agar tak insomnia berkelanjutan, hentikan kegiatan berponsel sekira dua jam sebelum waktu tidur.

Meningkatkan risiko kanker

Studi terkini dari Universitas Swedia menunjukkan bahwa seseorang yang menggunakan ponsel lebih dari 25 tahun tiga kali lipat berisiko terserang aglioma. Salah satu tipe kanker otak itu diketahui menyerang 5 dari 100.000 orang.

Sebagai aksi pencegahan, Food and Drug Administration menganjurkan untuk tak menggunakan ponsel saat sinyalnya lemah karena akan memancarkan lebih banyak radiasi. Letakkan ponsel di tas alih-alih di kantong celana, pilih layanan pesan daripada menelepon, dan gunakan headset atau keraskan speaker alih-alih menempelkan langsung ponsel di telinga, dikutip dari Safebee.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.