Home >> Internasional >> Mayoritas Dunia Islam Rayakan Idul Fitri Hari Jumat

Mayoritas Dunia Islam Rayakan Idul Fitri Hari Jumat

Sejumlah negara Arab dan dunia Islam, seperti Arab Saudi, Qatar, Mesir, Yordania, Malaysia, Indonesia, Turki dan lainnya mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Fitri tahun 1436 Hijriah jatuh pada hari Jumat (17/5/2015).

Di Qatar, komisi pemantau hilal dalam departemen wakaf dan urusan Islam, mengumumkan bahwa hari Jumat adalah hari pertama Syawal 1436 Hijriah.

Pengadilan tertinggi di Kerajaan Arab Saudi juga menyatakan bahwa beberapa saksi yang dapat dipercaya bersaksi telah melihat hilal bulan Syawal 1436 Hijriah, pada waktu maghrib malam ini. Hilal dalam dilihat di beberapa provinsi. Karena itu, pengadilan menetatpkan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Jumat, sama dengan kalender Ummul Qura.

Di Malaysia, Pejabat Penyimpan Mohor Besar Raja-raja menyatakan Idul Fitri bertepatan dengan hari Jumat.

Di Mesir, Darul Ifta’ Mishriyah, mengumumkan bahwa tanggal 1 Syawwal 1436 Hijriah, atau hari pertama Idul Fitri, jatuh pada hari Jumat. Kamis adalah hari terakhir bulan Ramadhan.

Hal yang sama dinyatakan Uni Emirat Arab, Kuwait, Mufti Libanon, Darul Ifta’ di Yaman, Mufti Umum di Palestina (Syaikh Muhammad Husain), dan ketua Dewan Wakaf Sunni (Syaikh Abdullatif Humaim).

Sementara itu, Oman mengumukan bahwa hari pertama Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu, dan hingga berita ini disiapkan, Dewan Wakaf Syiah di Irak belum diketahui mengumumkan  penetapan 1 Syawwal 1436 Hijriah.

Sumber: Aljazeera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...