Berita Islami Masa Kini

Melati Tak Hanya Sekedar Bunga

0

Manfaat dan khasiat melati sudah dikenal sejak zaman dahulu, bahkan mungkin juga pada masa-masa sebelum Masehi. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam juga menyatakan hal itu, “Tak ada obat paling manjur bagi tubuh selain al-raziqi.” Al-Raziqi adalah minyak melati. Abu Ja’far Muhammad al-Baqir juga menyatakan, “Tak ada minyak yang berkhasiat bagi tubuh selain minyak melati, al-zanbaq, yang di dalamnya terkandung berbagai manfaat dan khasiat penyembuhan bagi 70 jenis penyakit.”

“Tujuh puluh penyakit” yang dapat disembuhkan dengan melati, mungkin hanya sebuah kiasan untuk mengatakan betapa melati dapat digunakan mengobati berbagai macam penyakit.

Jadi, manfaat dan khasiat melati atau Jasminum sambac (jasmine, jasmin, yasmin, melur) memang bukan hal yang baru. Pohonnya tumbuh subur di tanah gembur, pada ketinggian antara 60-800 dpl, yang bisa berbunga sepanjang tahun. Yang terpenting bagi pohon melati adalah melimpahnya asupan cahaya matahari, sebab dia baru bisa berbunga dan mekar jika terkena sinar matahari.

Minyak melati dari hasil penyulingan mengandung bahan kimia berkhasiat seperti indole, benzyl, dan livalylacetaat. Bahan-bahan kimia tersebut dapat digunakan sebagai obat balur dan berbagai penyakit lain, seperti:

  1. Sakit mata

Segenggam daun melati dipipis halus, ditempelkan pada dahi dan diganti jika sudah kering. Lakukan berulang-ulang sampai mata yang memerah dan panen belek (kotoran mata) sembuh.

  1. Bengkak disengat lebah

Ambillah segenggam bunga melati, remas-remas sampai halus, lalu ditempelkan pada bagian yang disengat lebah.

  1. Demam dan sakit kepala

Segenggam daun melati plus 10 bunganya diremas-remas, kemudian direndam air dalam rantang, lalu airnya digunakan untuk mengompres dahi.

  1. Sesak napas

Ambillah 20 lembar daun melati, garam secukupnya, lalu direbus dengan tiga gelas air. Biarkan sampai mendidih dan airnya tinggal dua gelas. Saring. Tempelkan ampasnya di sekitar dada.

  1. Kelebihan ASI

Ambil segenggam daun melati, dipipis halus, lalu ditempelkan di seputar buah dada. Lakukan setiap pagi sebelum mandi.

Alam menyediakan sejuta obat untuk sejuta penyakit, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Mari budayakan gerakan kembali ke alam (back to the nature)!

Sumber: Lebaran.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.