Home >> Dakwah >> Mengapa Rasulullah SAW Anjurkan Setiap Muslim Berdagang?

Mengapa Rasulullah SAW Anjurkan Setiap Muslim Berdagang?

JAKARTA — Ustaz Erick Yusuf menjabarkan alasan kenapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan berdagang kepada umat Islam. Ustaz Erick menyebut, Nabi menilai aktivitas berdagang adalah aktivitas yang punya banyak manfaat bagi banyak orang.

Sebab, berdagang adalah salah satu aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhan orang banyak. “Kenapa sunah Rasulullah SAW itu anjurkan berdagang, karena banyak manfaatnya. Misalnya Anda punya uang Rp10 juta, itu uang mau dimanfaatkan jadi apa kalau tidak ada pedagang,” kata Erick kepada ROL, Kamis (26/3).

Untuk itu, kata Ustaz Erick, perlunya kalangan muda Islam untuk dimotovasi untuk giat berwirausaha agar dapat menjalankan anjuran nabi. Ia juga menilai, bekerja keras dan berwirausaha sejak masa muda akan membuat seseorang dapat tumbuh menjadi sosok yang matang, karena bekerja keras akan memberikan banyak pelajaran penting dalam hidup. Hal ini tentunya akan membuat kalangan muda akan tumbuh menjadi orag dewasa yang unggulan.

Berwirausaha seperti yang dianjurkan Rasulullah SAW, kata Ustaz Erick, juga bertujuan untuk menjadikan anak muda tidak menjadi beban bagi orang tuanya atau orang lain. Sebab, dengan berdagang, ia dapat memenuhi kebutuhan sendiri, atau bahkan mampu memciptakan peluang kerja bagi orang lain.

Satu hal lagi yang diamati Ustaz Erick adalah, negara-negara maju rata-rata memiliki jumlah pengusaha di atas 20 persen. Bila di bawah jumlah tersebut maka suatu negara belum dapat dikatakan sebagai negara yang mapan. Untuk itu, ia mengajak kalangan muda untuk giat bersama-sama melakukan kegiatan wirausaha agar dapat membawa Indonesia menjadi sebuah negara yang maju dan mapan. [ROL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...