Home >> Nasional >> Mobile Masjid Targetkan Pertandingan Bola dan Konser

Mobile Masjid Targetkan Pertandingan Bola dan Konser

BANDUNG — Direktur YMN Muhammad Sobirin menyatakan selama Ramadhan ini Mobile Masjid hanya bisa melayani satu titik per harinya. Hal ini dikarenakan pihak YMN baru memiliki satu unit mobil yang dimanfaatkan sebagai masjid keliling.

Mobile Masjid itu sendiri biasa digelar bagi warga untuk menunaikan shalat Maghrib. Sobirin menyatakan pihaknya terbuka bila ada pihak yang ingin dilayani Mobile Masjid, khususnya selama Ramadhan.

Selama Ramadhan, Mobile Masjid juga memiliki program Takjil On The Road. Program ini merupakan pemberian makanan berbuka puasa gratis bagi para warga yang sedang berada di wilayah operasi Mobile Masjid. Dalam sehari, jumlah takjil yang dibagikan oleh YMN sekitar 150 hingga 200. Akan tetapi, jumlah tersebut bisa bertambah jika memang dibutuhkan.

Sejauh ini, Sobirin menyatakan tim YMN hanya terdiri dari lima orang anggota saja. Akan tetapi, dalam operasi Mobile Masjid/ biasanya YMN akan dibantu oleh sukarelawan dari berbagai universitas di Kota Bandung. Sobirin berharap ke depan pihaknya dapat kembali menambah unit Mobile Masjid sehingga akan ada lebih banyak lagi wilayah yang terlayani.

“Doakan saja. Mudah-mudahan ada donatur yang berkenan untuk mewakafkan mobilnya atau membantu,” tambah Sobirin.

Sobirin juga menyatakan Mobile Masjid akan terus beroperasi selepas Ramadhan nanti. Lokasi yang akan menjadi target YMN nanti tidak hanya titik ramai yang minim fasilitas ibadah. Sobirin menyatakan Mobile Masjidini juga akan beroperasi pada saat pertandingan sepak bola, konser, hingga di tempat kejadian bencana.

Ia berharap hadirnya Mobile Masjid dapat menjadi pengingat warga akan pentingnya shalat terlepas dari seperti apa pun kondisi yang sedang dihadapi warga. Selain berfungsi sebagai masjid on the spot, Mobile Masjid juga memiliki beberapa fungsi lain yang tidak kalah bermanfaat.

Sobirin menjelaskan, jika tidak sedang beroperasi sebagai masjid on the spot, Mobile Masjid juga berfungsi untk bersih-bersih masjid. Di antaranya, pihak YMN akan membantu membersihkan mukena dan fasilitas lain di masjid yang memang membutuhkan bantuan.

Pihak YMN juga akan membantu mengganti fasilitas masid yang rusak seperti karpet atau pun sound system. “Yang ketiga, untuk kalibrasi arah kiblat. Ini juga penting. Kami terus mengedukasi masyarakat kita agar arah kiblatnya betul,” ungkap Sobirin [ROL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...