Berita Islami Masa Kini

NASA Jadikan Nama Mahasiswa Arab Saudi Ini Sebagai Nama Salah Satu Planet Minor

0

Sebuah planet minor diberi nama “Alhamood 31926” oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA), yang merupakan nama seorang mahasiswa asal Arab Saudi. Mahasiswa tersebut bernama lengkap Abdul Jabbar Abdulrazaq Alhamud.

Alhamud yang lahir pada tahun 1996 tersebut mendapatkan kehormatan dijadikan nama sebuah planet minor setelah menerima 2 penghargaan sebagai kategori terbaik dan peringkat pertama dalam Ilmu Tanaman pada acara “Intel Internasional Science and Engineering Fair” (ISEF) yang diselenggarakan pada tahun 2015 di Pittsburgh Amerika Serikat.

Selain Alhamud, beberapa nama pemenang lain pada kegiatan ISEF juga mendapat kehormatan dijadikan sebagai nama planet minor. Hal tersebut sebagaimana dapat dilihat pada data nama-nama planet minor dengan rentang nomor 31001 – 32000 yang dipublikasikan di Wikipedia.

Planet minor Alhamood 31926 sendiri ditemukan oleh “Lincoln Laboratory Near-Earth Asteroid Research Team” di Socorro, New Mexico, pada tanggal 5 April 2000. Sebelum diberi nama, obyek ini diberi kode “2000 GW76” atau “Asteroid 31926”. Planet minor adalah obyek astronomi yang berada dalam orbit langsung yang mengelilingi matahari, namun bukan planet atau komet. Planet minor dapat berupa planet kerdil, asteroid, troya, centaur, obyek sabuk Kuiper, atau obyek trans-Neptunian lainnya. (dt/hdn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.