Home >> Internasional >> NASA Temukan Kembaran Bumi, Planet Kepler-452b

NASA Temukan Kembaran Bumi, Planet Kepler-452b

LOS ANGELES — Lembaga antariksa AS (NASA) menyebutkan pada hari Kamis bahwa pesawat ruang angkasa Kepler telah melihat “Bumi yang lebih besar, sepupu tua Bumi”.

Planet tersebut merupakan planet pertama yang berukuran hampir sama dengan Bumi yang ditemukan di zona habitasi bintang yang mirip dengan zona habitasi planet tempat tinggal kita.

Meskipun NASA mengatakan tidak bisa menyebutkan dengan pasti apakah planet tersebut berbatu seperti Bumi atau memiliki air dan udara, planet tersebut yang paling mirip yang pernah ditemukan.

“Sekarang Bumi sedikit berkurang kesepiannya,” kata peneliti Kepler, Jon Jenkins dilansir dari CNN pada Jumat (24/7).

Planet tersebut, Kepler-452b, berjarak sekitar 1.400 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cygnus. Ini sekitar 60% lebih besar dari Bumi, kata NASA, dan terletak di zona habitasi bintang ini – wilayah di mana zat cair yang mendukung kehidupan mungkin ada di permukaan planet.

Seorang pengunjung disana tidak akan mengalami gravitasi sekitar dua kali lipat dari Bumi, dan ilmuwan planet mengatakan kemungkinan planet tersebut memiliki permukaan berbatu “lebih baik malah.”

Meskipun sedikit lebih jauh dari bintangnya dibandingkan dengan Bumi dari matahari, bintangnya lebih cerah, sehingga planet mendapat jumlah energi yang sama dari bintangnya seperti yang Bumi dapat dari matahari. Dan sinar mataharinya sangat mirip dengan Bumi, kata Jenkins.

Jika asumsi ahli geologi planet benar, katanya, Kepler-452b bisa memiliki atmosfir yang lebih tebal dari bumi, serta gunung berapi aktif. [rol]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jawaban Ikonik Ali Saat Ditanya Ingin Diingat Seperti Apa

ARIZONA — Legenda tinju Muhammad Ali meninggal dunia dalam usia 74 tahun. ...