Berita Islami Masa Kini

Pemuda Jadilah Pemimpin Bukan Pemimpi

0

Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal menyatakan pemuda merupakan generasi yang harus siap menjadi pemimpin, bukan pemimpi.

“Antara pemimpin dan pemimpi hanya dibedakan oleh huruf ‘n’. Pemuda jadilah pemimpin bukan pemimpi,” katanya kepada ratusan pemuda pada acara penutupan Pesantren Kilat Ramadhan Kepemimpinan Pemuda se-Jabodetabek di Cibubur, Jakarta, Sabtu. Acara yang berlangsung sejak Jumat (10/6) itu bertema “Penanaman Spirit Nasionalisme: Antisipasi Paham Radikal di Kalangan Pemuda”.

Untuk menjadi pemimpin, katanya, pemuda harus mandiri dan ditempa oleh berbagai ujian, cobaan, dan pengalaman, untuk memperkuat diri salam kemandirian. “Seperti pedang, keris, samurai, atau pisau, itu dibuat dari besi yang ditempa, dibakar, disiram, ditempa lagi berulang-ulang untuk menghasilkan pedang, keris, samurai atau pisau yang tajam dan kuat,” katanya.

Begitu pula pemuda yang harus mengalami berbagai ujian atau cobaan agar memiliki ketahanan dan kemampuan diri.
“Pemuda jangan mudah menyerah. Pemimpin besar di bumi ini selalu mengalami berbagai ujian dan cobaan,” katanya.

Jonni mencontohkan dua butir telur yang sama-sama telah dierami selama 20 hari, lalu pada hari ke-21 ada telur yang didiamkan sampai menetas dan ada telur yang dipecahkan cangkangnya. “Anak ayam yang secara alami menetas memiliki daya tahan hidup yang lebih kuat dibandingkan dengan yang cangkangnya dipecahkan dan dipaksa menetas,” katanya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.