Home >> Internasional >> Saudi resmikan perluasan Masjidil Haram tahap ketiga

Saudi resmikan perluasan Masjidil Haram tahap ketiga

Ditengah persiapan ibadah Haji tahun ini, Raja Salman bin Abdulaziz meresmikan perluasan tahap ketiga Masjidil Haram untuk mengakomodasi jutaan jamaah dari berbagai penjuru dunia.

“Para jamaah haji dan umrah akan mengucapkan selamat tinggal pada masalah kepadatan,” kata kepala Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syaikh Abdurrahman As-Sudais kepada Kuwait News Agency (KUNA) pada Ahad (12/7/2015), lansir OnIslam.

Perluasan Masjidil Haram diresmikan pada Sabtu (11/7), yang meliputi perluasan struktur Raja Abdullah, halaman, terowongan, bangunan-bangunan untuk fasilitas pelayanan dan jalan lingkar pertama, menurut Saudi Press Agency.

Perluasan ini dikarenakan jumlah jamaah haji yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Perluasan area seluas 456.000 meter persegi dimaksudkan untuk mengakomodasi tambahan jamaah sekitar 770.000 orang.

Dengan perkiraan biaya lebih dari 100 milyar SR, proyek perluasan ini meliputi pengembangan sistem pintu elektronik, sound system teknologi tinggi termasuk 4.524 speaker, camera monitoring system 6.635 unit dan sistem penyedot debu.

Selain itu, perluasan ini juga mencakup enam lantai untuk shalat dilengkapi dengan 680 elevator, 34 lift, dan 21.000 kamar kecil di samping fasilitas-fasilitas untuk penyandang cacat.

Sebelumnya, Arab Saudi juga telah meresmikan Bandara Internasional besar di Madinah untuk mempermudah perjalanan para jamaah haji.[arrahmah]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...