Home >> Internasional >> Seperti Apa Masjid di Hawaii?

Seperti Apa Masjid di Hawaii?

Honolulu – Siapa bilang di Hawaii tidak ada masjid? Inilah Manoa Mosque, satu-satunya masjid yang ada di sana dan jadi pusat ibadah serta kegiatan umat Muslim setempat. Yuk, kita lihat lebih dekat!

Hawaii di Samudera Pasifik dan masih masuk dalam kawasan negara AS, merupakan tempat liburan miliyarder dan selebriti dunia. Pulau-pulau kecil dengan pasir putih dan pemandangan laut biru jernih, membuat Hawaii sebagai ‘surga dunia’.

Di balik pamornya sebagai destinasi ternama, yang jarang orang tahu (mungkin juga Anda) adalah mengenai kehidupan umat Muslim di sana. Dari berbagai informasi yang dikumpulkan detikTravel, Senin (30/6/2015) ternyata Islam telah masuk dan berkembang di Hawaii sejak tahun 1968!

Umat Muslim yang ada di Hawaii awalnya adalah para pendatang dari Asia Timur hingga Afrika. Sejarahnya, umat Muslim di sana pertama kali membentuk Muslim Association of Hawaii sebagai wadah perkumpulan mereka.

Kemudian di tahun 1980, untuk pertama kalinya mereka membangun sebuah masjid bernama Manoa Mosque. Lokasinya di kawasan Manoa yang berupa lembah dan berjarak sekitar 4 km sebelah timur dari Kota Honolulu. Masjid inilah yang hingga kini merupakan semua pusat tempat ibadah, kajian dan event-event Islam yang ada di Hawaii.

Tapi jangan heran, bentuk masjidnya hanya berupa rumah saja tanpa kubah dan menara. Usut punya usut, ternyata rumah itu dulunya milik orang kaya yang dibeli atas nama Muslim Association of Hawaii. Rumahnya mewah, bagian dalamnya luas dan begitu pula pekarangannya.

Selain untuk ibadah salat lima waktu, pengajian Al Quran digelar rutin tiap empat hari dalam sepekan. Masing-masing, dua hari khusus untuk jamaah Muslim dan dua hari lainnya untuk jamaah wanita. Bahkan, pengajiannya juga terbuka bagi mereka yang bukan Muslim.

hawai1

Di bulan Ramadan, menariknya Manoa Mosque rutin menggelar acara buka puasa dan salat tarawih. Belum lagi, kadang diadakan acara makan bersama saat malam harinya. Untuk salat tarawih di sana, biasanya dimulai pukul 20.45 waktu setempat.

Semenjak tragedi 9 September 2011 di AS, umat Muslim di Negeri Paman Sam sempat mendapat tekanan. Berbeda dengan di Hawaii, umat Muslim di sana justru tetap hidup dengan damai.

Malah, para mahasiswa dan dosen-dosen dari University of Hawaii mengulas kehidupan umat Muslim lebih dalam. Mereka langsung datang ke Manoa Mosque dan wawancara serta melihat langsung kehidupan umat Muslim. Muslim Association of Hawaii pun menyambut dengan tangan terbuka.

hawai2

Hasil ulasannya langsung diterbitkan di situs resmi universitas dan blog para mahasiswa. Inti ulasannya, kehidupan umat Muslim jauh dari kata teroris. Justru, mereka menganggap Islam mengajarkan kebaikan dan kehidupan yang penuh keadilan.

hawai3

Dari sekitar 1,4 juta penduduk di Hawaii, sekitar 3.000 penduduknya memeluk agama Islam. Meski minoritas, umat Muslim di sana hidup rukun berdampingan dengan umat agama lainnya. [detik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jawaban Ikonik Ali Saat Ditanya Ingin Diingat Seperti Apa

ARIZONA — Legenda tinju Muhammad Ali meninggal dunia dalam usia 74 tahun. ...