Home >> Muslimah >> Siapkan Ini Sebelum Menikah!

Siapkan Ini Sebelum Menikah!

Ya. Menikah memang bukan perkara sederhana. Segalanya harus dipersiapkan. Yang sudah disiapkan saja belum tentu sukses, apalagi yang tidak disiapkan sama sekali. Menikah adalah sunnah Rasul, dan barang siapa tidak mau mengikuti sunnahnya maka ia bukan termasuk umatnya, begitulah kurang lebih Rasulullah Saw pernah bersabda. Nah, agar persiapan pernikahan semakin mantap, mari kita bahas seputar tips persiapan menikah.

Ada beberapa aspek yang mesti dipersiapkan sebelum kita menuju ke pelaminan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

Persiapan Ilmu/Intelektual

Ilmu adalah modal awal untuk kita mengarungi samudra pernikahan. Tanpa ilmu dunia ini gelap, hidup kita juga gelap. Karenanya persiapan dalam aspek ilmu atau ‘Ilmiyah mesti benar-benar matang. Dalam hal ini kita mesti pahami itu hakikat pernikahan dalam islam, serta fiqih munahakat, yakni fiqih yang membahas seputar pernikahan. Selain itu juga perlu dipahami kewajiban dan hak suami/istri dan bagaimana membina keluarga yang sakinah.

Persiapan spiritual

Spiritual atau bahasa lainnya adalah Ruhiyah. Persiapan ini meliputi mental, kesiapan untuk bertanggung jawab, berbagi, dan berlapang dada. Sebab kelak kita tidak akan hidup lhanya sendirian, melainkan bersama pasangan, mungkin juga mertua dan anak-anak, maka kesabaran mesti kita didik sejak awal. Berhubungan kepada manusia kadang-kadang lebih sulit ketimbang menjalin hubungan dengan Tuhan. Percaya?

Persiapan Fisik

Soal persiapan fisik sebagian sudah kita bahas di artikel sebelumnya. Persiapan fisik atau jasadiyah ini penting, jangan anggap tidak penting. Memang fisik bukan yang utama, tetapi tetap penting diperhatikan. Bagaimana suami anda nanti, di malam pertama, kira-kira mau ngapain coba. Ketika ia mulai membuka jilbab anda kemudian melihat bahwa ternyata anda tidak punya rambut, kan jadinya lucu. Maaf, ini sekadar bercanda. Intinya adalah bahwa persiapan fisik tidak boleh kita remehkan.

Persiapan Sosial

Disebut juga dengan persiapan Ijtima’iyyah. Maksud dari persiapan ini adalah, siap untuk bertetangga, siap untuk hidup rukun bersama dalam kehidupan bermasyarakat.

Persiapan Materi

Dalam bahasa arab materi disebu Maadiyah. Maka orang-orang berdoa, semoga sakinah mawaddah, warrahmah. Mawaddah adalah soal kesejahteraan. Nah, dalam hal ini orang yang mau menikah mesti mempersiapkan ini sejak awal, tetapi ini jangan kemudian dijadikan penghalang untuk menuju ke pelaminan. Ya, paling tidak kita memikirkan mas kawin, dan bagaimana nanti ekonomi keluarga dapat berjalan. [muslimahcantik]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dua Prinsip Mampu Menikah

Ustaz Amir Faishol Fath menambahkan, seseorang dianggap telah mampu menikah apabila memenuhi ...