Home >> Internasional >> Tari Saman Hipnotis Wisatawan Meksiko

Tari Saman Hipnotis Wisatawan Meksiko

LONDON — Tari Saman, yang dibawakan secara lincah oleh para pelajar yang tergabung dalam tim SMA 8 dan beberapa tarian tradisional Indonesia memesonakan para penonton selama sembilan hari dipertunjukkan di Festival Zacatecas del Folklor Internacional Gustavo Vaquera Contereas (FZFI) ke-20 Tahun 2015 di Zacatecas, di wilayah utara Meksiko.

Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI di Meksiko, Febby Fahrani, Minggu, mengatakan Tim SMA 8 CIOFF Indonesia memukau sekitar 300 penonton di Teatro Fernando Calderon dan bertepuk tangan meriah pada saat tim menarikan Tari Saman.

Tim SMA 8 sebagai wakil dari Counseil International des Organisation de Festival de Folklore et de’Arts Traditionnels (CIOFF) Indonesia juga dipuji penonton atas keindahan kostum tarian yang mempesona, ujarnya.

Dengan perasaan bangga, pelajar yang didampingi empat pembimbing menarikan tarian Indonesia di berbagai panggung antara lain Plaza Miguel Auza, Plaza Bicentario, Plazuela Goitia, Plaza 450 Aniversario, Ciudadela de Arte, Casa Municipal de Cultura, Teatro Fernando Calderon, dan Teatro del Lago.

Tampilan pelajar salah satu SMA terbaik di Jakarta tersebut senantiasa memperoleh atensi besar dari penonton yang memadati tempat pertunjukkan dengan diiringi tabuhan gendang dan rebana serta denting gamelan,

Menurut Ayu Wiranti, salah seorang pembimbing yang juga pelatih tari Tim, pada penampilan terakhir Tim pada FZFI 2015, di kota Guadalupe Zacatecas, tim memperoleh tepuk tangan sambil berdiri.

Penampilan Tim SMA 8 – CIOFF Indonesia di Meksiko ini adalah untuk pertama kalinya. Meskipun perjalanan yang ditempuh tim cukup panjang, tim tetap bersemangat untuk mempromosikan budaya Indonesia pada FZFI 2015.

Bersama dengan 15 negara lain, di antaranya Argentina, Bolivia, Brasil, Costa Rica, Kanada, Colombia, Chile, Spanyol, Mesir, Prancis, Honduras, Rusia, Panama, Peru, Polandia, dan El Salvador, selama sembilan hari Tim SMA 8 – CIOFF Indonesia memukau Zacatecas dengan keragaman tari rakyat dari masing-masing negara.

Gubernur Meksiko City, Miguel Alonso Reyes, menyampaikan apresiasi tinggi kepada perwakilan negara yang berpartisipasi dalam FZFI 2015, kehadiran 16 negara, termasuk Indonesia, di Meksiko dalam festival menunjukan semangat yang sama dalam melestarikan kekayaan seni budaya rakyat.

Secara khusus Reyes menyampaikan apresiasi kepada Indonesia sebagai satu-satunya peserta dari kawasan Asia yang hadir di FZFI 2015.

[antara]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...