Home >> Muslimah >> Tips Bergamis ala Muslimah

Tips Bergamis ala Muslimah

Sebagai seorang muslimah, bukan berarti kita lupa untuk tetap berpenampilan yang baik. Meski jilbab lebar menutupi sebagian tubuh kita, bukan berarti kita lupa untuk tetap tampil dengan busana yang bersih dan rapi sehingga enak untuk dipandang.

Saya sering menemukan beberapa muslimah yang begitu padat dalam aktivitas keislamannya sehingga ia terlupa untuk tetap menjaga penampilannya. Bukankah penampilan seorang muslimah juga menjadi bagian dari dakwah itu sendiri?

Berikut saya berikan tips-tips berpenampilan baik khususnya bergamis ala seorang muslimah:

  1. Sebelum berpakaian, jangan lupa membaca basmalah terlebih dahulu agar apa yang dipakai di tubuh terasa nyaman dan enak dipandang mata bagi siapa yang melihatnya.
  2. Pilihlah gamis berbahan lembut dan jatuh. Karena bahan yang lembut dan jatuh ini lebih mudah diatur dan mengikuti bentuk tubuh. Namun, lebihkan ukuran pakainnya. Jika biasanya kita gunakan ukuran L maka carilah ukuran XL. Mengapa? Untuk membuat pakaian tidak terlalu menjiplak tubuh, namun tidak usah khawatir akan terlihat kebesaran karena gamis yang bahannya lembut dan jatuh ini tetap akan membuat tubuh terlihat ‘pas’.
  3. Carilah gamis yang berbentuk klok alias lebar di bagian bawahnya atau seperti bentuk payung. Ini bisa membuat tubuh yang mungil akan terlihat jenjang dan yang bertubuh besar akan terlihat pas karena bagian bawah gamisnya yang ber-rampel. Selain itu akan memudahkan kita bergerak kesana kemari karena bahannya yang lebar.
  4. Sebelum memilih gamis yang sering terlewat adalah bentuk di pergelangan tangannya. Mungkin ada gamis yang pas di tubuh tapi sayangnya beberapa di bagian pergelangan tangan terlihat sempit sehingga menyulitkan kita ketika menariknya ke atas saat berwudhu. Maka ketika hendak memilih gamis, carilah yang bentuk pergelangan tangannya tidak sempit sehingga memudahkan untuk berwudhu.
  5. Bagi yang bertubuh kecil atau mungil, carilah gamis yang bercorak jelas. Misalnya corak kembang besar, polkadot atau garis horizontal. Sedangkan bagi yang bertubuh besar, carilah gamis yang motif polos namun berkombinasi warnanya sehingga menutupi bentuk tubuh yang besar. Misalnya polos dan berwarna pink di bagian tubuh sampai ke kaki namun polos dan berwarna biru di bagian lengan panjangnya. Atau bisa juga memilih motif polkadot atau garis-garis vertikal yang membuat tubuh tidak terlihat besar dan menjadi ramping.
  6. Sesuaikan warna gamis dengan jilbab yang dikenakan. Jika gamis polos, kita bisa menggunakan jilbab yang bermotif tapi usahakan jangan bermotif besar sebab itu akan dikenakan di kepala dan tidak bagus jika terlalu besar motifnya. Jika gamis bermotif maka pakailah jilbab yang polos dan usahakan warna pakaian dan jilbab tetap senada. Jangan sampai terlihat warna warni kayak pelangi. Semisal gamis polos hijau maka jilbabnya bisa kita gunakan yang motif dan berwarna kuning atau hijau jadi yang masih sesuai dengan warna hijau. Atau jika gamis berwarna hijau tua maka jilbab yang digunakan bisa berwarna hijau muda.
  7. Apapun gamis dan jilbabnya, yang terpenting jilbabnya harus tetap menutup dada dan gamisnya jangan tipis serta menerawang. Karena poin pentingnya dalam berbusana muslimah adalah tetap sesuai syariat Islam.

Demikian tips bergamis baik ala muslimah yang bisa saya bagi. Semoga bermanfaat. Selamat Mencoba! (usb/dakwatuna)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dua Prinsip Mampu Menikah

Ustaz Amir Faishol Fath menambahkan, seseorang dianggap telah mampu menikah apabila memenuhi ...