Home >> News >> [Video] Di Kota Inilah Bukber Terpanjang di Dunia Masuk Rekor Guinness Book of World Record

[Video] Di Kota Inilah Bukber Terpanjang di Dunia Masuk Rekor Guinness Book of World Record

SRINAGAR– Sebuah komunitas Muslim di Kashmir memecahkan rekor buka puasa bersama terbesar di Asia. Kurang lebih 7000 orang duduk di atas gelaran karpet sepanjang 2 kilometer untuk menyantap hidangan berbuka.
“Sebelum ini, kami di Kashmir sebenarnya tidak pernah memiliki festival seperti ini, bahkan tidak juga di India,” kata seorang Muslim Kashmir, Ahmer Khan (22), dilansir dari OnIslam, Senin (13/7).
Khan mengatakan, ide itu terinspirasi dari kegiatan buka puasa bersama di Alexandria, Mesir yang berhasil memecahkan Guinness Book of World Records untuk buka puasa terpanjang di dunia. Mesir memecahkan rekor buka puasa terpanjang dengan 7 ribu orang duduk berderet sepanjang lebih dari 4,3 kilometer.
Khan mengakui, mengajak ribuan orang untuk buka puasa bersama membutuhkan perjuangan. Ia perlu meyakinkan orang-orang bahwa kegiatan ini bersifat non-profit. Tapi, ia merasa telah cukup sukses.

Diadakan pada Sabtu (11/7), sekitar 7 ribu orang berkumpul di tepi Danau Dal untuk berbuka bersama. Panitia menggelar karpet di area pejalan kaki sepanjang dua kilometer, dengan tatanan makanan dan minuman di atasnya.
Salah satu penyelenggara mengatakan, rekor serupa sebelumnya telah tercetak di Sharjah, Uni Emirat Arab. Lebih dari 3 ribu orang duduk di atas hamparan karpet sepanjang 1,3 kilometer.
“Kami menyediakan buah-buahan, kurma, jus, dan ayam tehri. Awalnya kami ingin menyediakan biryani, tapi mengingat musim, kami putuskan untuk mengurungkannya. Itu akan terlalu cepat dingin,” kata Khan

Berikut cuplikan videonya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...