Home >> Internasional >> Zaman Es Kecil Diprediksi Landa Bumi 15 Tahun Lagi

Zaman Es Kecil Diprediksi Landa Bumi 15 Tahun Lagi

LLANDUNDO — Para ilmuwan tata surya mengatakan akan ada zaman es kecil pada 2030 mendatang. Hal tersebut dapat diprediksiakan lebih akurat dari sebelumnya.

Sebuah model terbaru menunjukkan adanya penyimpangan dari siklus 11 tahun matahari. Aktivitas matahari akan turun sebesar 60 persen antara 2030 dan 2040 sehingga menyebabkan zaman es kecil.

Terakhir kali zaman es kecil berlangsung adalah pada 1645-1715. Zaman tersebut, terkenal dengan sebutan Maunder Minimum.

Temuan tersebut disampaikan Profesor Valentina Zharkova pada pertemuan Astronomi Nasional di Llandudno. Pada 1843 para ilmuwan menemukan aktivitas matahari bervariasi selama siklus 10 hingga 12 tahun.

“Kami menggabungkan dua gelombang secara bersama-sama dan membandingkan dengan data saat ini bagi siklus matahari. Kami menemukan prediksi kami akurat 97 persen,” kata Zharkova dilansir dari laman Independent, Sabtu (11/7).

Gelombang magnetik menunjukkan akan ada bintik matahari yang sedikit dalam dua siklus matahari. Siklus 25, puncaknya 2022 dan siklus 26, 2030-2040 akan memiliki penurunan yang signifikan dalam aktivitas matahari. [rol]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...