Berita Islami Masa Kini

Ini Dia Orang yang Berhak Menerima Zakat

0

ZAKAT merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam, yakni dengan menyisihkan sebagian dari hartanya untuk diberikan kepada orang-orang yang memang membutuhkannya. Tentunya tidak sembarang orang dapat menerima zakat tersebut. Hanya ada orang-orang tertentu saja yang berhak menerima zakat. Siapakah mereka?

Orang-orang yang berhak menerima zakat hanya mereka yang telah ditentukan Allah SWT dalam Al-Quran. Mereka itu terdiri atas delapan golongan. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk orang yang berperang di jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah,” (QS. At-Taubah: 60).

Itulah orang-orang yang berhak untuk menerima zakat. Jangan sampai kita salah memberi uang yang kita sisihkan itu. Pastikan bahwa orang yang diberi zakat termasuk pada apa yang telah ditetapkan oleh Allah SWT di dalam firman-Nya tersebut. Dengan begitu, insya Allah kita akan mendapatkan keberkahan dari apa yang telah kita keluarkan bagi mereka. []

Sumber: Fiqh Ibadah Praktis dan Mudah/Karya: Al ‘Alamah Asy-Syaikh Salim bin Abdullah bin Sumair/Penerbit: PT Karya Toha Putra Semarang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.