Berita Islami Masa Kini

Jelang Lebaran Terminal Yogya Dilengkapi 5 CCTV

0

YOGYAKARTA — Menyambut arus kendaraan pemudik dan balik lebaran tahun ini Terminal Penumpang Yogyakarta (TPY) terus berbenah. Untuk peningkatan pengamanan selama arus angkutan lebaran, Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPY memasang lima unit CCTV di sekitar terminal.

“Selain ada posko keamanan bersama dengan polisi, kita pasang juga lima unit CCTV untuk pantauan keamanan dan pergerakan arus angkutan lebaran,” ujar plt Kepala UPT TPY, Nugroho, Selasa (30/6).

Lima unit CCTV ini dipasang ditempat strategis dan aktif 24 jam. Lima CCTV ini menggunakan  aplikasi berbasis internet dari Road Transport and Traffic Management Centre (RTTMC) Kementrian Perhubungan RI. CCTV tersebut juga terintegrasi di 4 terminal tipe A, yakni di Tasikmalaya, Purwokerto dan Surabaya.

“Kita juga siapkan layar lebar di kantor UPT jadi bisa dipantau 24 jam,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Wirawan Haryo Yudho mengatakan, selain arus angkutan lebaran di Terminal Yogyakarta, fokus pemantauan lalulintas yang dilakukan pihaknya juga pada temppat keramaian seperti ppasar, mall dan arena rekreasi.

“Untuk tempat keramaian kita perkirakan kepadalan arus lalulintas terjadi pada H-14,” katanya.

Termpat keramaian ini adalah pusat perbelanjaan dan pasar. Sejumlah  yang akan mengalami kepadatan menjelang Lebaran di antaranya adalah di Jalan Malioboro, di sekitar Pasar Beringharjo, di Jalan Suryotomo, Jalan C. Simanjuntak, Jalan Prof. Yohannes dan Jalan Solo.

“Kita berharap masyarakat tetap tertib sehingga meskipun kondisi lalu lintas padat, namun kendaraan tetap bisa bergerak,” katanya.

Sejumlah lokasi parkir yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang berada di sekitar Pasar Beringharjo di antaranya adalah di Sriwedani, Pabringan, Taman Parkir Senopati atau memanfaatkan lokasi parkir yang disediakan oleh toko.

Sedangkan parkir di Ketandan, lanjut dia, akan dibuka pada H-3 atau H-2 Lebaran atau menyesuaikan kebutuhan. “Pemanfaatan lokasi parkir di Ketandan bisa mengurangi beban kendaraan di Jalan Malioboro,” katanya.n Yulianingsih. [yulianingsih]]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.