Home >> Nasional >> Lebaran 2015, Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk

Lebaran 2015, Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk

Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk di tanah air untuk melayani angkutan Lebaran tahun 2015 ini. Pengelola bandara, PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksikan pergerakan penumpang mencapai 2,718 juta penumpang atau naik sekitar 2 persen, di mana jumlah tersebut merefleksikan lebih dari 50 persen pergerakan di seluruh bandara.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat di tengah lonjakan volume penumpang dalam waktu bersamaan. Budi menyebut layanan terbaik khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta karena akan menjadi referensi kesuksesan angkutan Lebaran moda transportasi udara di Indonesia.

“Sebagai langkah antisipasi menghadapi tingginya pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kami selalu berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan lain supaya pemudik tetap merasa nyaman dan operasional bandara berjalan lancar,” kata Budi, Sabtu, 11 Juli 2015.

Dari 12 bandara di bawah pengelolaan PT AP II, berikut data penumpang tahun 2014 dan 2015 hingga H-7 Lebaran. Di Soekarno-Hatta, Jakarta pada 2014 terdapat 2.663.738 penumpang dan 2015 melonjak menjadi 2.718.508 penumpang.

Adapun Bandara Kualanamu, Medan merupakan tersibuk kedua dengan 367.419 penumpang pada 2014 dan 369.276 pada tahun ini. Tersibuk ketiga adalah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang, dengan penumpang 160.742 orang pada 2014 dan 162.284 pada 2015.

Disusul peringkat keempat hingga ke-12 bandara tersibuk Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru; Minangkabau, Padang; Supadio, Pontianak; Depati Amir, Pangkal Pinang; Sultan Thaha, Jambi; Sultan Iskandar Muda, Aceh; Husein Sastranegara, Bandung; Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang dan Halim Perdana Kusumah dengan 84,962 penumpang tahun 2014 dan 2015 meningkat menjadi 87,050 penumpang.

Bandara Soekarno-Hatta juga telah menambah kapasitas parkir inap sebanyak 250 slot dan menambah jumlah petugas parkir sebanyak 30 orang. Adapun untuk memenuhi kebutuhan bagasi, PT AP II berkoordinasi dengan pihak ground handling untuk menambah petugas penanganan bagasi sebanyak 200 orang guna memperpendek waktu tunggu menjadi 30 menit.

Untuk mempermudah pemudik membawa barangnya, PT AP II juga menambah sebanyak 1.000 trolley. Fasilitas lain untuk memberikan kenyamanan pemudik, pengelola bandara ini juga menambah sebanyak 570 kursi bagi para pengguna jasa bandara atau penumpang pesawat di Terminal 1 dan 2.

Sebagai bentuk perhatian terhadap pemudik, PT AP II juga menyiagakan sebanyak 36 petugas customer service mobile yang dilengkap dengan roller blade guna secara cepat merespon keluhan, pertanyaan, atau memberi bantuan kepada para pemudik di bandara. Ada sejumlah posko pengaduan yakni Posko Utama di Terminal 1, dan posko di Terminal 1B, Terminal 2F, dan Terminal 3.

“Bagi pemudik atau masyarakat yang memiliki pertanyaan, keluhan, atau membutuhkan solusi atas permasalahan seputar bandara di bawah lingkungan PT Angkasa Pura II juga dapat menghubungi contact center 1500138, Twitter di @contactap2, dan Facebook AP II Contact Center,” ujar Budi Karya.

Personel yang terlibat di posko tersebut adalah petugas Data Statistik Bandara sebanyak 25 orang, lalu Terminal Operation Services sebanyak 30 orang, Pramuka Siaga Umum sebanyak 87 orang, Sentra Operasi Terminal sebanyak 22 orang, kemudian petugas informasi sebanyak 63 orang, dan dari aviation security atau avsec sebanyak 306 orang.

Untuk memperlancar arus lalu-lintas, PT AP II juga berkoordinasi dengan kepolisian dan Kementerian Perhubungan terkait manajemen lalu lintas guna menjamin kelancaran akses menuju dan dari bandara. Untuk memperlancar akses angkutan salah satunya dengan menambah titik muat taksi guna mempercepat ketersediaan taksi bagi pemudik serta berkoordinasi dengan Damri untuk penambahan 20 unit bus. [tempo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...