Home >> Muslimah >> Suami Menderita Jika Istrinya Tidak Punya 8 Karakter Ini

Suami Menderita Jika Istrinya Tidak Punya 8 Karakter Ini

Istri yang baik adalah istri yang mampu memberikan ketenangan hati pada suaminya, sehingga suami tidak khawatir terhadap kelakuan istri.

Banyak karakter yang menandakan ciri istri yang mampu menenangkan hati suami. Semakin banyak karakter tersebut ada pada diri seorang wanita maka akan semakin baik pengaruhnya pada ketenangan hati sang suami. Begitupula sebaliknya.

Dan berikut ini adalah karakter istri yang baik terhadap hati suami:

1. Memiliki sifat qanaah (ikhlas menerima nafkah yang diberikan suami sehingga tidak banyak menuntut harta kepada suami)

Sebaiknya istri berusaha mengatur keuangan rumah tangga  dengan sebaik-baiknya dan tidak bersikap boros, sehingga suami ridha dengan pengaturan keuangan rumah tangga yang dilakukan oleh istri dan insya Allah kehidupan rumah tangga akan menjadi berkah.

2. Senantiasa merendahkan suara di hadapan suami, berkata lembut

Allah memerintahkan para istri untuk merendahkan suara di depan suami.

Senantiasa bertutur kata lembut juga mencerminkan rasa hormat istri terhadap suami.

3. Keluar rumah hanya dengan izin suami

Hal ini adalah sebagai bentuk pengakuan terhadap suami sebagai kepala rumah tangga dan sebagai upaya untuk menghindari terjadinya curiga/salah paham.

4. Memahami etika menerima tamu, terutama tamu laki-laki

Saat di rumah sedang sendirian dan ada tamu laki-laki yang bukan muhrim, sebaiknya istri menjaga sikap dengan cukup berbicara dengan tamu di teras seperlunya saja.

5. Lebih suka menetap di rumah, dan tidak suka sering keluar rumah

Seyogyanya seorang istri tidak sering pergi keluar rumah dengan tujuan yang tidak penting karena akan berpotensi mengabaikan urusan rumah tangga di rumah.

6. Berhias hanya untuk suami

Saat ini banyak sekali kekeliruan dalam perilaku masyarakat, yaitu: wanita berhias hanya saat akan keluar dari rumah dan saat ada di rumah justru tampil selebor dengan daster usangnya.

Sikap ini tidak benar. Istri sebaiknya senantiasa berhias di rumah sehingga menyenangkan hati suami. Saat akan bepergian, istri hendaknya memakai busana yang tidak mengundang fitnah.

7. Amanah (dapat dipercaya)

Istri hendaknya mampu bersikap amanah dalam segala hal, termasuk dalam mendidik anak dan mengelola keuangan, serta tidak menyebarkan rahasia keluarga kepada pihak luar.

8. Istri memiliki komunitas positif

Jika ingin menilai baik atau buruknya kepribadian seseorang, cara yang termudah adalah dengan melihat siapakah yang temannya.

Karena itu, hendaknya istri hanya berteman akrab dengan orang-orang yang shalehah dan memiliki komunitas/kegiatan yang positif, misalnya mengikuti kelas tahsin/tahfiz, dll yang telah disetujui oleh suami.

Allah berfirman: “Maka wanita yang shalehah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)” (QS An-Nisaa : 34).

Demikian karakter istri yang baik menurut hadis dan al-Qur’an, dilansir muslimarcorner dari ummi-online. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panglima TNI Yakin Tak Ada Upaya Kudeta, Lain Lagi Kata Pulisi…

Trenmuslim.web.id– Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini proses penyidikan ...